Persepsi Mahasiswa Akuntansi dan Akuntan Pendidik Tentang Penerimaan Etika Terhadap Manajemen Laba
Main Author: | Irawan, MahardikaDwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105808/1/051200581.pdf http://repository.ub.ac.id/105808/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi tentang penerimaan etika terhadap manajemen laba dan untuk menguji apakah persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa dipengaruhi oleh faktor-faktor situasional yang dianggap menjadi pertimbangan penerimaan etika terhadap manajemen laba. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Merchant & Rockness (1994) Penelitian ini meneliti perbedaan persepsi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap manajemen laba dan menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan responden akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Metode pengambilan data menggunakan metode survei dengan intrumen penelitian yang diambil dari penelitian Merchant & Rockness (1994). Hasil dari kuisoner perlu diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu Penelitian ini menggunakan analisa statistik non parametrik Mann Whitney U Test dan Wilcoxon Signed Test Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara persepsi etis akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap tindakan manajemen laba untuk faktor jenis manipulasi metode operasi, arah manipulasi, materialitas, tujuan jangka panjang, konsistensi dan periode akibat. Ada perbedaan yang signifikan antara persepsi etis akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap tindakan manajemen laba untuk faktor jenis manipulasi metode akuntansi dan tujuan individu manajer. Diantara keenam faktor yang dianggap mempengaruhi persepsi etis akuntan terhadap manajemen laba ternyata hampir semua yang menunjukkan signifikansi pengaruhnya. Hanya faktor tujuan yang tidak memberikan pengaruh yang signifikan