Pengaruh Brand Image terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa wisata taman rekreasi Sengkaling Malang (Studi Pada Pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling)
Main Author: | Alfan, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105738/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan jaman dan perubahan perekonomian berdampak pada peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap barang konsumsi maupun jasa. Salah satunya adalah kebutuhan rekreasi yang sangat diperlukan oleh masyarakat dewasa ini dimana masyarakat perlu untuk relaksasi setelah menghadapi kehidupan yang penuh dengan tantangan. Kebutuhan masyarakat akan jasa rekreasi membuka peluang bagi usaha taman rekreasi untuk menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Taman Rekreasi Sengkaling sebagai salah satu perusahaan jasa pariwisata secara berkesinambungan memberikan wahanawahana yang beraneka ragam dan fasilitas yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis varibel brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan jasa wisata Taman Rekreasi Sengkaling. Sampel penelitian adalah pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling . Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Pengujian secara parsial memberikan kesimpulan bahwa citra pembuat, citra pemakai, citra produk memilik pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen menggunakan jasa wisata Taman Rekreasi Sengkaling malang. Dari pengujian hipotesis menunjukkan variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel citra produk (X 3 ). Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dijadikan sebagai pijakan gagasan kearah penelitian yang lebih mendalam tentang pengaruh penerapan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen.