Faktor Determinan Minat Penggunaan E-Commerce: Studi Empiris Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Beliefs

Main Author: Afdalina, Hadyan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105714/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk bertransaksi secara online dengan menggunakan model The Theory Planned Behavior (TPB) dan Beliefs yang diajukan oleh Crespo dan Bosque (2010) & Liu et al. (2005). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 221 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang sudah pernah melakukan transaksi secara online. Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda dengan software SPSS 17 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel norma subyektif, sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat untuk bertransaksi secara online . Secara parsial menunjukkan bahwa variabel norma subyektif, sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat untuk bertransaksi secara online. Hal ini berarti bahwa minat untuk bertransaksi secara online dipengaruhi oleh semua variabel yang ada. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi sektor bisnis online untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk bertransaksi secara online . Selain itu, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa aspek psikologi juga berperan dalam pengaplikasian dan perkembangan sistem teknologi informasi.