Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang
Main Author: | FitriShilfianitaWardhani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105668/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan dari variabel-variabel Relationship Marketing secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Malang Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research yakni penelitian yang menjelaskan tentang hubungan antara dua variabel dimana satu variabel memberikan efek tertentu pada variabel lain melalui pengujian hipotesis. Pengujian hipotesa diperoleh melalui serangkaian proses yang meliputi pengambilan sampel, pengambilan data, pengujian data, dan analisis data. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 orang responden, teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling, dengan teknik simple random sampling . Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan pengujian data dilakukan dengan program SPSS . Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel-variabel Relationship Marketing yang terdiri dari komunikasi (X 1 ), komitmen (X 2 ) , trust (X 3 ) , dan conflict handling (X 4 ) , berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang . Hasil penelitian menunjukkan F hitung > F tabel (8,470 > 2,467) atau Sig. F < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti bahwa secara simultan (bersamasama), variabel-variabel Relationship Marketing yang terdiri dari komunikasi, komitmen , trust, dan conflict handling, berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel-variabel relationship marketing yang terdiri dari variabel komunikasi (X 1 ), komitmen (X