Analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) sebagai dasar perumusan strategi utama pada ria djenaka coffee house and resto

Main Author: Palupi, LutfitriNgesti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105653/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visi dan misi, menganalisis lingkungan eksternal maupun internal dengan menggunakan SWOT S strength, Weakness, Opportunity, Threat ) dan Analisis QSPM ( Quantitative Strategic Planning Matrix ) sehingga dapat mengetahui alternatif strategi apa yang dapat dipilih dalam merumuskan strategi utama bagi Ria Djenaka Coffee House and Resto Malang. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif ( Descriptive Research) . Pada penelitian ini lebih bersifat penjelasan terhadap fenomena strategi yang ada dan tidak melakukan pengujian hipotesis. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisa data yang digunakan adalah menurut Fred. R. David yaitu input stage (analisis IFE, analisis EFE), the matching stage (analisis SWOT dan IE Matrix) dan the decision strage (Matrix QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategic planning dilakukan dengan mengetahui gambaran perusahaan (visi dan misi Ria Djenaka Coffee House and Resto Malang) serta dengan memanfaatkan peluang dan kesempatan yang dimiliki perusahaan, sehingga perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan maupun menu yang disediakan. Ria Djenaka Coffee House and Resto Malang adalah sebuah cafĂ© yang memiliki konsep tempat nongkrong sekaligus tempat makan. Sesuai dengan produk yang ditawarkan beragam mulai dari makanan dan minuman khas Ria Djenaka juga ada makanan dan minuman khas Eropa. Konsep "jaman dulu" yang diusung oleh Ria Djenaka mendapat respon cukup baik dari konsumen, sehingga dibangunlah Ria Djenaka Tipe-M yaitu cabang dari Ria Djenaka yang berada di depan Universitas Muhammadiyah Malang. Hasil penelitian yang didapatkan melalui analisis SWOT yang sebelumnya telah meneliti kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh Ria Djenaka Coffee House and Resto Malang dapat menerapkan strategi SO ( Strength-Opportunity ) dan hasil dari Matrix IE Ria Djenaka Coffee House and Resto Malang berada pada kuadran lima yaitu melalui strategi pertumbuhan integrasi horizontal sehingga alternatif strategi yang dipilih oleh penulis hasil dari analisis QSPM yaitu alternatif strategi pengembangan pasar, pengembangan produk, menambah fasilitas produksi dan teknologi.