Analisis Strategi Inovasi Untuk Mencapai Keungulan Bersaing Pada Toko Modern Sativa Mart Kediri
Main Author: | Kusuma, SultanProbo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105508/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah strategi inovasi dapat menciptakan keunggulan bersaing pada Toko Modern Sativa Mart Kediri. Penelitian ini merupakan case study yaitu dengan mengambil beberapa elemen dari Toko Modern Sativa Mart Kediri melalui dokumentasi, komunikasi (wawancara), serta studi pustaka yang kemudian masing-masing elemen diselidiki secara mendalam, detail, intensif, dan menyeluruh sesuai dengan tujuan penelitian. Alat analisis yang digunakan menggunakan analisis lingkungan IFAS, EFAS, Matriks SWOT, Grand Strategy , dan Strategi Generik. Hasil analisis IFAS maupun EFAS menunjukkan bahwa total nilai kekuatan lebih besar dari total nilai kelemahan dan total peluang lebih besar daripada total nilai ancaman. Pada analisis matriks SWOT dihasilkan alternatif strategi SO, sedangkan pada analisis Grand Strategy diperoleh pada kuadran I yang berarti posisi yang agresif. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi inovasi yang dijalankan oleh Toko Modern Sativa Mart adalah Strategi Inovasi Produk dan Inovasi Manajerial. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan Strategi Inovasi sebuah bisnis ritel Toko Modern Sativa Mart Kediri dapat mencapai Keunggulan Bersaing.