Analisa Dan Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ria Djenaka Coffe House Dan Resto Di Kota Malang
Main Author: | Wirawan, Okky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105461/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari tujuh variabel, yaitu : (1). produk, (2). harga, (3). promosi, (4). tempat, (5). orang, (6). Bukti fisk, dan (7). proses terhadap keputusan pembelian konsumen di Ria Djenaka Coffe House dan Resto. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (bauran pemasaran jasa) terhadap variabel bebas (kpeutusan pembelian) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji F dan uji t. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 pengunjung Ria Djenaka Coffe House dan Resto. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu tipe pemilihan sampel secara acak dengan menggunakan pertimbangkan tertentu, yang pada umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F hitung dan t hitung . Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas, uji heteroskesdastisitas dan uji normalitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisi regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk (X 1 ), harga (X 2 ), promosi (X 3 ), tempat (X 4 ), orang (X 5 ), bukti fisik (X 6 ), dan proses (X 7 ) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,550 (55%). Lalu secara parsial, variabel harga (X 2 ), tempat (X 4 ), orang (X 5 ), dan proses (X 7 ), menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,012, 0,000, 0,000, dan 0,005. Sedangkan variabel produk (X 1 ), promosi (X 3 ), dan bukti fisik (X 6 ) menunjukkan adanya pengaruh variabel yang tidak signifikan, dengan signifikansi masing-masing sebesar 0,886, 0,797, dan 0,369. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu variabel orang (X 5