Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Kepercayaan, Inovasi Pribadi, dan Kesesuaian terhadap Sikap Penggunaan E-commerce”

Main Author: Artha, Ulie
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105420/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap penggunaan e-commerce dengan menggunakan model technology acceptance model (TAM) oleh Davis et al . (1989), theory of planned behavior (TPB) oleh Ajzen (1991), serta Innovation Diffution Theory (IDT) yang dikemukakan oleh Rogers (1964). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 152 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang minimal mengetahui tentang transaksi e - commerce . Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda dengan software SPSS 16 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, kepercayaan, inovasi pribadi dan kesesuaian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan ecommerce. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan kesesuaian berpengaruh secara signifikan terhadap sikap penggunaan ecommerce. Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, dan inovasi pribadi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap penggunaan ecommerce. Hal ini berarti bahwa sikap penggunaan e-commerce dipengaruhi oleh variabel kepercayaan dan kesesuaian. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi sektor bisnis online khususnya pihak manajemen dan analis sistem e-commerce agar memperhatikan kepercayaan dan kesesuaian dalam menerapkan dan mengembangkan traksaksi e-commerce .