Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen membeli jamu Hj. Ummi Kulsum di Sumenep

Main Author: Wicaksono, Anis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105341/1/051102320.pdf
http://repository.ub.ac.id/105341/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari : produk, harga, distribusi pemasaran dan promosi terhadap keputusan konsumen membeli jamu merk Hj. Ummi Kulsum di Madura. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 responden, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uj reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji Fhitung dan thitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk (x1), harga (x2), distribusi pemasaran (x3) dan promosi (x4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,530 (53%). Sedangkan secara parsial variabel produk (x1), harga (x2), distribusi pemasaran (x3) dan promosi (x4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dengan signifikansi masing-masing variabel (0,000), (0,013), (0,000), (0,024). Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen yaitu produk (x1) dengan standardized coefficient beta sebesar 0,388. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semua variabel bebas baik secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian jamu merk Hj. Ummi Kulsum . Variabel (X1) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen.