Pengaruh bauran eceran (Retailing Mix) terhadap keputusan pembelian konsumen studi pada B-Mart Swalayan Jombang

Main Author: Widianingtyas, FriskaFebrianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105333/1/051102312.pdf
http://repository.ub.ac.id/105333/
Daftar Isi:
  • Seiring dengan perkembangan dunia bisnis dan kebutuhan manusia akan barang dan jasa, banyak bermunculan perusahaan dagang yang bergerak di bidang perdagangan eceran (retail) yang berbentuk toko, minimarket, pasar swalayan dan lain-lain. Jumlah pasar swalayan yang semakin meningkat tersebut menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat menuntut pelaku bisnis untuk pandai-pandai mengatur strategi untuk dapat memenangkan persaingan yaitu dengan mengembangkan strategi-strategi pemasaran berdasarkan sasaran dan rencana strategis keseluruhan. Strategi-strategi yang digunakan pengecer untuk mencapai sasarannya yaitu dengan merumuskan bauran eceran ( retailing mix) . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran eceran ( retailing mix ) yakni merchandise (barang dagangan), harga, lokasi, promosi, retail service , dan atmosphere (suasana toko), terhadap keputusan pembelian konsumen pada B-Mart Swalayan Jombang; dan menentukan variabel bauran eceran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada B-Mart Swalayan Jombang. Penelitian ini dilakukan di B-Mart Swalayan Jombang, Jalan Merdeka No. 159 B Kota Jombang dengan total responden sebanyak 80 orang, pemilihan responden menggunakan teknik Nonprobability Sampling . Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda, yang melibatkan sebuah variabel terikat dan enam variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel bauran eceran yang terdiri dari merchandise , harga, lokasi, promosi, retail service , dan atmosphere, berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen B-Mart Swalayan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel promosi merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen B-Mart Swalayan Jombang.