Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen berekreasi di Taman Rekreasi Sengkaling Malang

Main Author: Kurniawan, Arinta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105298/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan dari variabel bauran promosi secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam memilih tempat rekreasi di Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Penelitian yang dihadapi perusahaan adalah bagaimana perusahaan dapat bertahan dan bahkan berkembang menjadi perusahaan yang melayani kebutuhan wisata masyarakat ditengah banyaknya tempat rekreasi yang ada di sekitar Sengkaling. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Pengujian hipotesa diperoleh melalui serangkaian proses yang meliputi pengambilan sampel, pengambilan data, pengujian data, dan analisis data. Sampel sejumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan cara non probability sampling atau non random sampling, teknik purposive sampling . Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan pengujian data dilakukan dengan program SPSS . Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel yang terdiri dari periklanan (advertising) , promosi penjualan (sales promotion) , dan publisitas (publicity) berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih Tempat Rekreasi di Sengkaling Malang . Hasil penelitian menunjukkan F hitung > F tabel (19,041 > 1,658) atau Sig. F < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti bahwa secara simultan (bersama-sama), variabel periklanan (advertising) , promosi penjualan (salles promotion) , dan publisitas (publicity) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Taman Rekreasi Sengkaling sebagai tempat tujuan berwisata. Variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen berekreasi adalah variable promosi penjualan (sales promotion ) (X2) yang mempunyai koofisien Beta terbesar yaitu sebesar 0,324 dibandingkan dengan koofisien variabel bebas lainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi penjualan merupakan kegiatan promosi perusahaan yang memiliki nilai tambah dan efek positif terhadap proses pengambilan keputusan konsumen berekreasi di taman wisata sengkaling malang.