Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Tangerang

Main Author: Aditama, Rusman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105285/1/051102133.pdf
http://repository.ub.ac.id/105285/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi realtionship marketing berdasarkan variabel-variabel bebasnya yaitu kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan keuntungan bersama terhadap loyalitas nasabah. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research dimana penelitian ini adalah penelitian penjelasan untuk menggambarkan hubungan antar variabel dalam relationship marketing terhadap loyalitas nasabah. Analisa yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan model statistik dan ekonometrik. Data yang dianalisa berasal dari 95 responden yang diambil dari jumlah keseluruhan nasabah pada Juli 2010 - Desember 2011 dengan jumlah 1899 nasabah. Berdasarkan hasil analisis data melalui regresi linier berganda diketahui bahwa variabel relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan keuntungan bersama secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari keempat variabel bebas, variabel kepercayaan mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah. Dari hasil yang didapat diketahui bahwa kepercayaan berpengaruh sangat besar terhadap loyalitas nasabah. Maka tingkat kepercayaan nasabah terhadap kemampuan perusahaan harus selalu diperhatikan dan dijaga ketepatannya meliputi pemenuhan keinginan dan harapan nasabah, penepatan janji, jaminan kerahasiaan transaksi nasabah, citra bank yang positif, dan resiko transaksi yang relatif kecil.