Perumusan Strategi Bersaing Berdasarkan Strategi QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) Studi Pada Efrat Production - Guna Bangun Perkasa Group

Main Author: Urath, FitriantyMaya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105274/1/051102082.pdf
http://repository.ub.ac.id/105274/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasari oleh sangat pentingnya manajemen startegi bagi perusahaan. Efrat Production-Guna Bangun Perkasa Group bergerak di bidang multimedia. Manaer usaha ini harus mengamati setiap perubahan yang terjadi kemudian memaknai setiap perubahan melalui penerapan kebijakan-kebijakan perusahaan yang bersifat strategis. Semakin bertambahnya jumlah usaha di multimedia tentunya membuat persaingan semakin ketat dan memaksa untuk meberikan kualitas pelayanan yang terbaik. Efrat Production – Guna Bangu Perkasa Group sendiri pernah mengalami kevacuman hal ini tentunya merupakan suatu pertimbangan tersendirti bagi para penyusus satrategi dalam menentukan starategi bersaing yang tepat untuk kedepannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dekriptif dengan pendekatan studi kasus. Oleh karena itu yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggambarkan dan juga m,enjelaskan kondis internal dan eksternal perusahaan yang memperngaruhi manajemen strategi perusahaan. Alat ananalisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Matrisk SWOT, Mariks Internal- Eksternal (IE), Matriks QSPM. Berdasrkan analisi yang dilakukan diperoleh beberapa hasil, dari analisa eksternal dengan menggunakan matriks EFE terdapat peluang yang dapat diraih, selain itu juga terdapat ancaman yang harus diantisipasi Efrat Production-Guna Bangun Perkasa Group. Sedangkan dari analisis lingkungan internal dengan mengunakan IFE dapat diketahui terdapat kekuatan yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk lebihg dapat berkembang, selain terdapat kekuatan jkuaga terdapat adanya kelemahan yang harus mendapat prioritas pembenahan oleh perusahaan. Dari hasil analisis EFE dan IFE akan diperoleh matrik IE dan SWOT. Dari matrik IE diketahui posisi Efrat Production-Guna Bangun Perkasa Group berada pada sel I yang dapat digambarkan sebagi growth dan bulid dengan strateginya adalah strategi intensif , terdiri dari strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan pasar . Dan kemudian dari mariks SWOT diperoleh beberapa alternative strategi yang dapat diterapkan perusahaan salah satunya WO (Weakness Opportunity) terdiri dari strategi rekayasa ulang dan restrukturisasi. Hasil analisi terakhir yaitu dengan menggunakan matrik QSPM, diketahui bahwa strategi yang tepat untuk diterapkan pada Efrat Production-Guna Bangun Perkasa Group adalah strategi rekayasa ulang.