Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedaap Versi “Kerja Bakti” Dengan Menggunakan EPIC Model Studi Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang
Main Author: | Yudhistiro, GregoriusHenri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105231/1/051101915.pdf http://repository.ub.ac.id/105231/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan televisi Mie Sedaap versi "Kerja Bakti" pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dengan menggunakan EPIC Model yang terdiri dari 4 dimensi, antara lain : Empathy (Empati), Persuasion (Persuasi), Impact (Dampak), Communication (Komunikasi). Untuk mengetahui efektivitas iklan televisi digunakan analisa tabulasi sederhana dan skor rata-rata. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif-survei. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menggambarkan sifat sesuatu yang tengah berlangsung saat riset dilakukan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 97 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu, serta menggunakan teknik pengambilan data non random sampling , yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dijadikan sampel. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas. Untuk mengukur efektivitas iklan digunakan analisa tabulasi sederhana dan skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan televisi Mie Sedaap versi "Kerja Bakti" secara keseluruhan merupakan iklan yang cukup efektif, hal tersebut dapat dilihat dari masing-masing dimensi, yaitu empathy responden terhadap iklan televisi Mie Sedaap versi "Kerja Bakti" masuk dalam rentang efektif dengan skor 3,57. Persuasion responden terhadap iklan televisi Mie Sedaap versi "Kerja Bakti" masuk dalam rentang cukup efektif dengan skor 2,62. Impact responden terhadap iklan televisi Mie Sedaap versi "Kerja Bakti" masuk dalam rentang cukup efektif dengan skor 2,72. Communication responden terhadap iklan televisi Mie Sedaap versi "Kerja Bakti" masuk dalam rentang cukup efektif dengan skor 3,206.