Perumusan Strategi PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Cabang Malang Berdasarkan Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Perusahaan
Main Author: | SepwinditaAyuwanaPutri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105225/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan strategi yang tepat bagi PT. Asuransi Jasa Indonesia cabang Malang melalui analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Perumusan strategi yang tepat akan menghasilkan alternatif strategi bagi perusahaan agar dapat tetap survive menghadapi era persaingan saat ini serta dapat menentukan arah kebijakan atau strategi perusahaan kedepannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan sehingga diketahui kekuatan yang harus dipertahankan, kelemahan yang harus diperbaiki, peluang yang harus dicapai atau dimanfaatkan serta ancaman yang harus diantisipasi. Kondisi lingkungan internal dan eksternal diketahui dan didapatkan melalui penelitian secara langsung ke kantor PT. Jasindo cabang Malang dengan tehnik observasi, wawancara, serta pengisian kuesioner. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dan alat analisis data dengan menggunakan analisis IFAS, EFAS, SFAS, analisis matrik SWOT dan analisis diagram SWOT. Dari hasil analisis menggunakan matrik IFAS, PT. Jasindo cabang Malang memiliki total nilai sebesar 2,78 yang berarti bahwa respon PT. Asuransi Jasa Indonesia cabang Malang berada pada rata-rata baik serta menyatakan bahwa perusahaan telah memberikan respon positif pada lingkungan internalnya. Sedangkan matrik EFAS menunjukkan total nilai sebesar 2,53 yang berarti bahwa perusahaan juga telah berada pada rata-rata baik dalam hal merespon lingkungan eksternalnya. Di dalam analisis matrik SWOT,PT. Jasindo cabang Malang berada pada posisi strategi SO yang mana berada pada kuadran I yaitu pada strategi Agresif atau strategi berkembang. Dengan mengetahui posisi perusahaan berada pada strategi agresif, maka alternatif strategi yang direkomendasikan adalah pengembangan produk dan pengembangan pasar dalam hal strategi utamanya serta penerapan strategi fokus pada diferensiasi produk dalam hal strategi umumnya. Saran yang dapat dikemukakan antara lain adalah senantiasa mempertahankan potensi yang dimiliki, selalu memperbaiki kekurangan yang ada yang pada intinya selalu memperhatikan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan agar dapat digunakan dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan dengan tepat. Selain itu, adanya evaluasi terhadap kinerja perusahaan penting untuk dilakukan guna pencapaian keberhasilan perusahaan dalam melaksanakan strategi yang telah dirumuskan.