Peran Nilai Belanja Terhadap Kepuasan Konsumen Matahari Department Store Kota Malang
Main Author: | Senandi, InersasayPinky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105202/ |
Daftar Isi:
- Belanja merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang dengan maksud memenuhi kebutuhan. Ada nilai yang ingin diperoleh dari belanja. Nilai belanja ini melibatkan interaksi antara konsumen dengan produk dan jasa yang tidak hanya berkaitan dengan obyek itu sendiri tetapi juga berkaitan dengan pengalaman konsumsi yang dirasakan konsumen. Terdapat dua tipe konsumen yang dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan pembelian yaitu konsumen yang didorong oleh nilai utilitarian dan konsumen yang didominasi nilai hedonik. Dalam bisnis eceran, pengelola bisnis eceran terutama Department Store dituntut untuk mampu menciptakan nilai belanja baik nilai hedonik maupun utilitarian di dalam tokonya sehingga mampu menciptakan kepuasan konsumen Department Store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai belanja yakni nilai belanja hedonik dan nilai belanja utilitarian terhadap kepuasan konsumen Matahari Department Store Kota Malang dan menentukan variabel nilai belanja yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Matahari Department Store Kota Malang dengan total responden sebanyak 100 orang, pemilihan responden menggunakan teknik purposive sampling , Kriteria yang ditetapkan adalah konsumen yang berbelanja di Matahari Department Store minimal tiga kali dan jumlah pembeliannya minimal lima puluh ribu rupiah. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, yang melibatkan sebuah variabel terikat dan dua variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel nilai belanja yang terdiri dari nilai belanja hedonik dan nilai belanja utilitarian berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen Matahari Department Store Kota Malang. hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel nilai hedonik merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen Matahari Department Store Kota Malang.