Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk brem Mirasa Studi di Kota Madiun Tahun 2010

Main Author: Anggarena, PhistonShella
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105193/1/051101582.pdf
http://repository.ub.ac.id/105193/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan pertama yaitu pertama untuk mengetahui variabelvariabel atribut produk berpengaruh signifikan terhadap pembelian produk brem Mirasa di Kota Madiun. Kedua, untuk mengetahui atribut produk yang berpengaruh dominan dalam pertimbangan konsumen membeli produk brem Mirasa di Kota Madiun. Jenis penelitian ini dapat dikatakan sebagai Explanatory Research dengan prosedur pengujian hipotesis (hypotesis testing) untuk menjawab pertanyaan dan tujuan penelitian. Penelitian explanatory dilakukan untuk memberikan penjelasan dan gambaran mengenai fenomena yang dikembengkan dalam model. Sampel penelitian yaitu sebanyak 100 responden, dengan menggunakan teknik accidental, variabel penelitian yang digunakan yaitu variabel bebas yang meliputi merek, kualitas, kemasan, label dan layanan pelengkap dan terikat yaitu pembelian produk brem Mirasa di Kota Madiun. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan uji F dan uji t. Kesimpulan hasil penelitian yaitu variabel atribut produk yang terdiri dari variabel merek, kualitas, kemasan, label dan layanan pelengkap berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk brem Mirasa di Kota Madiun. Variabel atribut produk yang terdiri dari variabel merek, kualitas, kemasan, label dan layanan pelengkap berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk brem Mirasa di Kota Madiun. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa besar koefisien variabel merek sebesar 0,182, variabel kualitas sebesar 0,352, variabel kemasan sebesar 0,145, variabel label yaitu sebesar 0,149 dan layanan pelengkap sebesar 0,215. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas yang meliputi (Daya tahan produk terhadap jamur, Komposisi yang aman, Rasa lebih enak) paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk brem Mirasa di Kota Madiun. Nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,777 dan setelah disesuaikan menjadi adjust R square sebesar 0,765, hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel atribut produk yang meliputi variabel variabel merek, kualitas, kemasan, label dan layanan pelengkap secara bersama-sama memberikan kontribusi/sumbangan sebesar 76,5% terhadap perubahan keputusan pembelian produk brem Mirasa di Kota Madiun, sedangkan sisanya sebesar 23,5% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.