Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Radio Chakra Bhuwana (RCB FM) Malang
Main Author: | Wardani, KhristantianDwitaRizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105179/1/051101568.pdf http://repository.ub.ac.id/105179/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing yang terdiri dari lima variabel, yaitu: (1). pertalian, (2). empati, (3). timbalbalik, dan (4). kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Radio Chakra Bhuwana Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan digunakan analisis regresi dengan metode analisa Uji t dan Uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 57 pemasang iklan PT. Radio Chakra Bhuwana Malang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling karena mengambil sampel secara acak dan jumlah populasi yang diketahui oleh peneliti.Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel pertalian (X1), empati (X2), timbal-balik (X3), dan kepercayaan (X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) dengan signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,904 (90,4%). Secara parsial, variabel empati (X2), timbal-balik (X3) dan kepercayaan (X4) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar X1 (0,000 < 0,05), X2 (0,016 < 0,05) dan X3 (0,000 < 0,05). Sedangkan untuk variabel pertalian (X1) diketahui bahwa nilai t hitung < t tabel (0,382 < 2,01) dan nilai sig > α (0,382 > 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X1 terhadap variabel Y. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan yaitu variabel empati (X2). Hal ini dibuktikan dari nilai beta pada hasil Uji t yang mempunyai koefisien terbesar adalah variabel empati (X2) yaitu sebesar 0,821. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat variabel bebas yaitu pertalian, empati, timbal-balik dan kepercayaan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Radio Chakra Bhuwana Malang, namun tidak secara parsial. Variabel empati (X2) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan PT. Radio Chakra Bhuwana Malang.