Analisis pengaruh retailing MIX terhadap pengambilan keputusan konsumen berbelanja Studi Pada Golden Swalayan Tulungagung

Main Author: Ayuningrum, GaluhLintang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105100/
Daftar Isi:
  • Munculnya berbagai macam industri ritel seperti salah satunya swalayan menimbulkan persaingan yang ketat antara industri sejenis dalam melaksankan aktivitasnya. Dari situasi tersebut para pemasar harus mencari cara agar menarik perhatian pengunjung untuk memasuki tokonya dan melakukan pembelian terhadap produk-produk yang ada di toko tersebut. Salah satu cara yang digunakan oleh para pemasar adalah dengan menggunakan bauran eceran (retailing mix) untuk mempengaruhi keputusan berbelanja, karena bauran eceran dapat merangsang konsumen melakukan proses pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah causal comparative research dengan pendekatan survai, dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan pada konsumen Golden Swalayan Tulungagung, dengan judul penelitian: “Analisis Pengaruh Retailing Mix Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Berbelanja ”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran ritel yang terdiri dari keragaman produk, harga, iklan dan promosi, lokasi, pelayanan, desain dan tampilan toko yang mempengaruhi pengambilan keputusan berbelanja di Golden Swalayan Tulungagung, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan ditentukan besar jumlah sampelnya 104 responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas ( independent variable ) dan variabel terikat ( dependent variable ). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah retailing mix, sedangkan variabel terikatnya adalah pengambilan keputusan berbelanja konsumen. Pengambilan data ini dilakukan melalui kuesioner dan pengujian data dilakukan dengan program SPSS . Dari hasil perhitungan regresi berganda diketahui bahwa nilai adjusted R square sebesar 0.586, yang berarti bahwa pengambilan keputusan berbelanja di Golden Swalyan Tulungagung dipengaruhi oleh variabel bauran eceran ( retailing mix ). Diketahui juga bahwa, variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variabel keragaman produk, dengan Standardized Coefficients (Beta) yaitu sebesar 0.340. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung sebesar 25,344 (signifikansi F = 0,000). Jadi F hitung > F tabel (25,344 > 2,193) atau Sig F < 5% (0,000<0,05). Artinya bahwa secara simultan maupun parsial variabel keragaman produk, harga, iklan dan promosi, lokasi, pelayanan, desain dan tampilan toko berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.