Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pocari Sweat pada Mahasiswa Strata-1 (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: Restuningtyas, Mayrina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105050/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi dewasa ini menyebabkan persaingan bisnis semakin ketat. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan baru bermunculan dengan menawarkan berbagai macam produk yang sangat bervariasi. Dalam rangka memenuhi kebutuhan, keinginan dan kepuasan konsumen, para produsen saling bersaing untuk mengeluarkan atau menghasilkan produk-produk dengan menawarkan berbagai macam keunggulan dari masingmasing produk. Persaingan juga terjadi pada produk minuman isotonik, banyak produk yang berada di pasaran, seperti: Pocari Sweat, Mizone, Vitazone, dan sebagainya. Penelitian ini akan membahas mengenai Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Pocari Sweat pada Mahasiswa Strata-1 (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh atribut produk minuman isotonik Pocari Sweat yang meliputi variabel mutu, merek, label, dan kemasan terhadap keputusan minuman isotonik Pocari Sweat dikalangan Mahasiswa Strata1 (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Analisis ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh atribut produk minuman isotonik Pocari Sweat (X) baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Selain itu analisis regresi berganda juga digunakan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian Pocari Sweat pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Dari hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa variabel atribut produk secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Selain itu, dari hasil penelitian ini juga diperoleh hasil yang membuktikan kebenaran hipotesis, dimana variabel merek merupakan variabel atribut produk yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Pocari Sweat pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang .