Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Ditinjau Dari Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Survei Pada WPOP di KPP Prat

Main Author: Dewi, SiskaJuwita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105041/
ctrlnum 105041
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/105041/</relation><title>Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Ditinjau Dari Dimensi&#xD; Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Survei Pada WPOP di KPP Prat</title><creator>Dewi, SiskaJuwita</creator><subject>657 Accounting</subject><description> &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan wajib pajak orang pribadi atas pelayanan di KPP Pratama Malang Selatan serta mengetahui pengaruhnya terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Kepuasan wajib pajak orang pribadi diukur dengan membandingkan nilai kualitas pelayanan yang diharapkan dengan nilai kualitas layanan yang dirasakan untuk setiap dimensi kualitas layanan yaitu keandalan ( reliability ), daya tanggap ( responsiveness ), jaminan ( assurance ), empati ( empathy ), dan bukti fisik ( tangible ). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar aktif di KPP Pratama Malang Selatan. Dari populasi tersebut peneliti menggunakan teknik sampling insidental dan menyaring populasi dengan kriteria wajib pajak orang pribadi yang menggunakan norma pencatatan dan mendapatkan 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis servqual dan analisis regresi linier berganda. &#xD; Hasil analisis servqual menyatakan bahwa secara keseluruhan untuk semua dimensi kualitas pelayanan, wajib pajak orang pribadi belum puas dengan kualitas pelayanan di KPP Pratama Malang Selatan. Kemudian dari analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa secara simultan, kepuasan dimensi keandalan, kepuasan dimensi daya tanggap, kepuasan dimensi jaminan, kepuasan dimensi empati, dan kepuasan dimensi bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Sedangkan secara parsial, kepuasan dimensi keandalan, kepuasan dimensi daya tanggap, dan kepuasan dimensi empati berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, tetapi kepuasan dimensi jaminan dan kepuasan dimensi bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Selain itu juga diketahui bahwa kepuasan dimensi empati adalah yang paling dominan pengaruhnya. </description><date>2011-02-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Dewi, SiskaJuwita (2011) Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Ditinjau Dari Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Survei Pada WPOP di KPP Prat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2010/763/ 051100745</relation><recordID>105041</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Dewi, SiskaJuwita
title Pengaruh Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Ditinjau Dari Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Survei Pada WPOP di KPP Prat
publishDate 2011
topic 657 Accounting
url http://repository.ub.ac.id/105041/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan wajib pajak orang pribadi atas pelayanan di KPP Pratama Malang Selatan serta mengetahui pengaruhnya terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Kepuasan wajib pajak orang pribadi diukur dengan membandingkan nilai kualitas pelayanan yang diharapkan dengan nilai kualitas layanan yang dirasakan untuk setiap dimensi kualitas layanan yaitu keandalan ( reliability ), daya tanggap ( responsiveness ), jaminan ( assurance ), empati ( empathy ), dan bukti fisik ( tangible ). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar aktif di KPP Pratama Malang Selatan. Dari populasi tersebut peneliti menggunakan teknik sampling insidental dan menyaring populasi dengan kriteria wajib pajak orang pribadi yang menggunakan norma pencatatan dan mendapatkan 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis servqual dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis servqual menyatakan bahwa secara keseluruhan untuk semua dimensi kualitas pelayanan, wajib pajak orang pribadi belum puas dengan kualitas pelayanan di KPP Pratama Malang Selatan. Kemudian dari analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa secara simultan, kepuasan dimensi keandalan, kepuasan dimensi daya tanggap, kepuasan dimensi jaminan, kepuasan dimensi empati, dan kepuasan dimensi bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Sedangkan secara parsial, kepuasan dimensi keandalan, kepuasan dimensi daya tanggap, dan kepuasan dimensi empati berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, tetapi kepuasan dimensi jaminan dan kepuasan dimensi bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Selain itu juga diketahui bahwa kepuasan dimensi empati adalah yang paling dominan pengaruhnya.
id IOS4666.105041
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-19T04:46:23Z
last_indexed 2021-10-28T06:55:08Z
recordtype dc
_version_ 1751455887056175104
score 17.538404