Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada UD. Graha Mulia Lumajang

Main Author: AnggaWahyuPraditya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105025/1/051100244.pdf
http://repository.ub.ac.id/105025/
Daftar Isi:
  • Retailing Mix merupakan sebuah langkah pemasaran bagi keberhasilan perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang produksi barang maupun jasa. UD. Graha Mulia Lumajang merupakan salah satu swalayan eceran yang bergerak dalam jual beli barang yang perlu memperhatikan perilaku konsumen untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Retailing Mix yang terdiri dari produk, harga, iklan dan promosi, lokasi, pelayanan, serta desain dan tampilan toko terhadap keputusan pembelian pada UD. Graha Mulia Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas, dan Uji Asumsi klasik, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), iklan dan promosi (X3), lokasi (X4), pelayanan (X5), serta desain dan tampilan toko (X6), secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UD. Graha Mulia (Y). Dari hasil perhitungan uji F diperoleh F hitung 29,036 > F tabel 2,20, dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu nilai R square sebesar 0,705 yang berarti bahwa besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 70,5 %. Dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial produk, harga, lokasi, serta desain dan tampilan toko berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan iklan dan promosi serta pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan perhitungan t hitung variabel Produk (X1) sebesar 2,274 < t tabel 1,986, Harga (X2) memiliki t hitung 2,071 > t tabel 1,986, Iklan dan Promosi (X3) memiliki t hitung 1,333 > t tabel 1,986, Lokasi (X4) memiliki t hitung 2,612 < t tabel 1,986, Pelayanan (X5) memiliki t hitung -0,761 < t tabel 1,986 serta Desain dan Tampilan Toko (X6) memiliki t hitung 4,619 > t tabel 1,986. Variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel Desain dan Tampilan Toko (X6) yaitu sebesar 40,3 %.