Pengaruh Relationship Marketing terhadap kepuasan pelanggan Studi pada nasabah pengguna Produk Kredit Multi Guna PT Bank JATIM .Cabang Malang
Main Author: | AryoPriyadiRaharjo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104955/1/051003881.pdf http://repository.ub.ac.id/104955/ |
Daftar Isi:
- Relationship marketing adalah prinsip pemasaran yang menekankan dan berusaha untuk menarik dan menjaga hubungan baik jangka panjang dengan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Relationship marketing yang terdiri dari komunikasi, komitmen, trust dan conflict handling terhadap kepuasan nasabah produk Kredit Multi Guna Bank Jatim Cabang Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 50 responden dari nasabah produk Kredit Multi Guna Bank Jatim Cabang Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgement sampling/ purposive sampling yaitu, teknik penarikan sampel yang dilakukan berdasarkan karakteristik yang ditetapkan terhadap elemen populasi target yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel komunikasi, komitmen, trust dan conflict handling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah produk Kredit Multi Guna Bank Jatim Cabang Malang dengan tingkat signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi sebesar 0,460 (46%). Sedangkan secara parsial juga menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan tingkat signifikansi masingmasing variabel yaitu 0,045; 0,005; 0,022; 0,001. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah yaitu variabel conflict handling (X4) dengan koefisien sebesar 0.393. Dapat disimpulkan bahwa keempat variabel bebas yang terdiri dari komunikasi, komitmen, trust dan conflict handling baik secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah produk Kredit Multi Guna Bank Jatim Cabang Malang. Variabel conflict handling (X4) merupakan varibael yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap loyalitas nasabah produk Kredit Multi Guna Bank Jatim Cabang Malang.