Pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian kartu seluler Indosat IM3 Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang
Daftar Isi:
- Majunya perkembangan di bidang teknologi dan informasi pada saat ini ditandai Pada era globalisasi saat ini telah mendorong teknologi informasi berkembang dengan pesat sehingga setiap perusahaan tentu menginginkan produk barang ataupun jasanya dikenal oleh masyarakat dan masyarakat juga merasa puas terhadap produk maupun jasa, oleh sebab itu, setiap perusahaan sebaiknya melakukan pembentukan citra merek ( brand image ). Brand image tersebut dinilai mempengaruhi kepuasan pelanggan melalui dimensi brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dimensi brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk yang mempengaruhi keputusan pembelian kartu prabayar IM3 khususnya bagi kalangan para mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 100 responden para mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang menjadi pelanggan kartu seluler merek IM3 minimal 1 tahun. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel citra pembuat, citra pemakai dan citra produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Dari penelitian ini maka diharapkan perusahaan dapat semakin meningkatkan brand image produk IM3 agar semakin mampu mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan.