Pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual terhadap tingkat stres kuliah Mahasiswa akuntansi Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya Malang
Main Author: | KukuhPanduWicaksana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104923/1/051003828.pdf http://repository.ub.ac.id/104923/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual memepengaruhi stres kuliah pada mahasiswa akuntansi. Metode survei digunakan terhadap 41 responden mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Brawijaya Malang. Regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual terhadap tingkat stres kuliah mahasiswa akuntansi secara simultan dan parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual secara simultan berpengaruh terhadap tingkat stres kuliah. Sedangkan secara parsial, hanya variabel kecerdasan emosional yang memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi, dalam hal ini variabel kecerdasan emosional memberikan pengaruh lebih dominan terhadap stres kuliah dibandingkan variabel perilaku belajar dan kecerdasan intelektual. Koefisien derterminasi pada pengujian hipotesis menunjukan angka sebesar 0,914. Hal ini berarti naik turunnya nilai variabel dependen (stress kuliah) secara bersama-sama ditentukan oleh variabel independennya (perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual) sebesar 91,4% sedang 8,6% lainnya ditentukan oleh factor-faktor lain yang tidak tercakup dalam variabel yang diteliti atau tidak teramati dalam penelitian ini. Tingginya koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual mempunyai pengaruh yang tinggi dalam menentukan variasi naik turunnya variabel dependen (stres kuliah)