Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Dalam Pengambilan Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Bus Antar Kota Antar Propinsi Pada PO. Gunung Harta Trayek Malang - Denpasar
Main Author: | AANAnomMahardikaK |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104893/1/051003524.pdf http://repository.ub.ac.id/104893/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan, parsial dan variabel yang berpengaruh paling dominan atas bauran pemasaran jasa yang terdiri dari tujuh variabel, yaitu : produk, harga, tempat, promosi, karyawan, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa transportasi bus antar kota antar propinsi pada PO Gunung Harta trayek Malang-Denpasar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research . Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 orang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling (teknik yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel) sehingga hasilnya dapat dievaluasi secara obyektif. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung . Untuk menga nalisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk (X 1 ), harga (X 2 ), tempat (X 3 ), promosi (X 4 ), karyawan (X 5 ), proses (X 6 ), dan bukti fisik (X 7 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa tarnsportasi PO Gunung Harta (Y). Hasil yang didapatkan dari uji F ini adalah nilai F hitung sebesar 35,152 dan F tabel sebesar 2,139. Dari hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa F hitung > F tabel (35,152 > 2,139), sehingga dapat dinyatakan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel bebas mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel terikat. Sedangkan secara parsial, variabel produk (X 1 ), harga (X 2 ), tempat (X 3 ), promosi (X 4 ), karyawan (X 5 ), proses (X 6 ), dan bukti fisik (X 7 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen hal ini dapat dilihat dari t hitung : X 1 sebesar 3,551, X 2 sebesar 2,241, X 3 sebesar 2,284, X 4 sebesar 2,734, X 5 sebesar 3,088, X 6 sebesar 2,073, X 7 sebesar 3,738 yang dimana semua t hitung variabel bebas lebih besar dari t