Perumusan Strategi Pada Perusahaan Pengembang Perumahan PT Permata Jingga – Kediri
Main Author: | RinoJanuarTriPristanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104891/1/051003522.pdf http://repository.ub.ac.id/104891/ |
Daftar Isi:
- Kebutuhan terhadap tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu, bisnis perumahan terus berkembang setiap tahun, dan suatu perusahaan perlu strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perumusan strategi yang merupakan tahapan proses manajemen strategi oleh perusahaan dapat dijadikan sebagai alat untuk menghasilkan strategi yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat bagi perusahaan pengembang perumahan PT Permata Jingga dalam upaya untuk merespon persaingan dan kebutuhan pasar yang masih luas ditengah kondisi lingkungan yang dinamis dan cepat berubah. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif, yaitu memberikan gambaran analisis tentang kondisi lingkungan perusahaan baik eksternal maupun internal. Penelitian ini mengacu pada konsep strategi Fred R. David yang mengungkapkan bahwa perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahap, yaitu input stage , matching stage , dan decision stage . Pada input stage , alat analisis yang digunakan adalah analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE). Pada tahap ini akan dilakukan analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dimiliki perusahaan. Pada matching stage , alat analisis yang digunakan adalah Strength Weakness Opportunity Threath (SWOT), dan Strategic Positioning and Action Evaluation (SPACE). Pada tahap ini akan diketahui posisi perusahaan dalam industri dan alternatif strategi apa saja yang cocok bagi perusahaan. Untuk decision stage, menggunakan alat analisis berupa Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisa matriks QSPM, dan diperoleh hasil bahwa strategi yang tepat untuk PT Permata Jingga adalah strategi pengembangan pasar. Strategi pengembangan pasar adalah sebuah strategi memperkenalkan produk yang ada kedaerah atau pasar baru yang belum tersentuh. Strategi pengembangan pasar sekiranya dapat menjawab permasalahan dan harapan perusahaan pengembang perumahan PT Permata Jingga untuk merespon persaingan dan kebutuhan pasar ditengah kondisi perubahan kondisi lingkungan.