Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar

Main Author: IkaNurwatiSantoso
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104868/1/cover.pdf
http://repository.ub.ac.id/104868/2/skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/104868/
Daftar Isi:
  • Persaingan bisnis dibidang ritel yang semakin meningkat memaksa pengusaha bisnis ritel untuk mengerahkan kemampuan dan strategi untuk dapat memenangkan persaingan. Salah satunya dengan menganalisa perilaku konsumen. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktor yang dibahas adalah bauran ritel sebagai kombinasi dari beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan adanya faktor-faktor tersebut, menjadikan perhatian dalam usaha mengembangkan bisnis ritel lebih terfokus secara efisien dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran ritel yakni lokasi toko, pelayanan, produk yang ditawarkan, harga, suasana toko, karyawan toko, dan metode promosi, terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar; dan menentukan variabel bauran ritel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan di Apollo Superstore Kota Blitar, Jln. HOS Cokroaminoto 22 Kota Blitar dengan total responden sebanyak 80 orang, pemilihan responden menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria yang ditetapkan pada responden adalah warga Kota Blitar, berusia diatas 17 tahun, konsumen telah berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar minimal dua kali, dan jumlah pembelian minimal lima puluh ribu rupiah. Data di analisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, yang melibatkan sebuah variabel terikat dan tujuh variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel bauran ritel yang terdiri dari lokasi toko, pelayanan, produk yang ditawarkan, harga, suasana toko, karyawan toko, dan metode promosi, berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel lokasi merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Apollo Superstore Kota Blitar.