Analisis Strategi Generik Michael E. Porter dengan Pendekatan SWOT Analysis pada Citra Kendedes Cake and Bakery
Main Author: | RaniMartini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104853/1/051003233.pdf http://repository.ub.ac.id/104853/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi generik apa yang sesuai untuk digunakan oleh Citra Kendedes Cake and Bakery menghadapi persaingan. Pendekatan SWOT analysis menjadi alternatif perumusan strategi yang membantu penentuan Strategi Generik ini nantinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dilakukan analisis lingkungan yang terdiri dari analisis lingkungan internal (organisasi dan manajemen umum, pemasaran dan litbang, SDM, Operasional, Keuangan, dan Sistem informasi) dan analisis lingkungan eksternal (lingkungan industry dan lingkungan sosial). Selanjutnya dirumuskan ke dalam faktor-faktor strategi EFAS, IFAS dan SFAS . Hasil penilaian kuantitatif ini akan mengindikasikan dimana posisi perusahaan berada yang tergambar dalam Matriks Grand Strategy . Hingga terakhir dirumuskan strategi dalam sebuah matriks SWOT . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Citra Kendedes Cake and Bakery (CKB) terletak pada posisi ST ( Strenght dan Threat ) yang menunjukkan bahwa CKB memiliki nilai Kekuatan 2,90 lebih besar daripada Kelemahan dengan nilai 0,89 sehingga nilai total IFAS adalah 3,79. Serta memiliki ancaman yang lebih besar dengan nilai 2,00 dibanding dengan peluang yang ada dengan nilai 1,70, menghasilkan nilai total EFAS adalah sebesar 3,70. Hasil angka-angka ini bila diterjemahkan ke dalam matriks Grand Strategy terletak pada sel III yang memiliki alternatif strategi pertumbuhan terkonsentrasi, pengembangan pasar, pengembangan produk, dan inovasi. Sedangkan strategi yang dihasilkan adalah keseriusan untuk menjaga mutu, mencipatakan suasana kerja yang kondusif dengan mengubah pola kepemimpinan, dan yang terakhir adalah pemanfaatan teknologi dalam sistem pemasarannya. Berdasarkan kesemuanya ini maka strategi generik yang layak digunakan oleh Citra Kendedes Cake and Bakery adalah diferensiasi. Strategi ini menciptakan sebuah keunggulan bersaing melalui menjadikan perusahaan sebagai sesuatu yang berbeda dari pesaing. Selain itu mutu yang menjadi misi Citra Kendedes Cake and Bakery mendapat perhatian utama dalam rangka menggapai kepuasan pelanggan. Kedua hal tersebut bersinergi hingga akhirnya menjadikan CKB sebagai perusahaan roti dan kue yang tangguh dalam persaingannya.