Pengaruh atribut produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk minuman Pocari Sweat Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang
Main Author: | HestiMahaArsi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104797/1/051003180.pdf http://repository.ub.ac.id/104797/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengambil judul Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Minuman Pocari Sweat (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang). . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut produk yang terdiri dari variabel merek, kualitas, kemasan dan label yang mempengaruhi keputusan pembelian Pocari Sweat (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang), baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Teknik penarikan sampel dari populasi dilakukan dengan menggunakan cara purposive sampling dan ditentukan besar jumlah sampelnya 75 responden. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan pengujian data dilakukan dengan program SPSS. Penelitian ini, variabel yang terlibat terdiri dari 4 variabel independent (X) yaitu atribut produk yang terdiri dari : merek, kualitas, kemasan dan label dan variabel dependent (Y) adalah keputusan pembelian. Hasil perhitungan regresi berganda diketahui bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,628, yang berarti bahwa keputusan pembelian produk minuman Pocari Sweat dipengaruhi oleh variabel atribut produk. Diketahui juga bahwa, variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variabel kualitas, dengan Standardized Coefficients (Beta) yaitu sebesar 0,344. Hasil penelitian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 32,267 (signifikansi F = 0,000). Jadi Fhitung > Ftabel (32,267 > 2,740) atau Sig F < 5% (0,000<0,05). Artinya bahwa secara bersama-sama variabel merek, kualitas, kemasan dan label berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam strategi pemasaran, dan sebaiknya perusahaan menjaga segala atribut produk agar selalu mempunyai merek, kualitas, kemasan dan label yang baik, sehingga mempengaruhi keputusan pembelian Pocari Sweat.