Daftar Isi:
  • Sistem Informasi Akuntansi digunakan untuk memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam menjalankan operasional bisnis serta pengambilan keputusan. Informasi yang baik dapat dihasilkan dengan menggunakan Database Management System (DBMS) berdasarkan prinsip pengendalian internal. Saat ini Guest House Universitas Brawijaya terutama di siklus pembelian (logistik) belum menerapkan DBMS dalam pengelolaan data, sehingga diperlukan suatu rancangan sistem pembelian berbasis DBMS dalam pen gelolaan data. Jenis penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif yang mengarah pada studi kasus pada Guest House Universitas Brawijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pelaksanaan siklus pembelian (logistik) Guest House Universitas Brawijaya. Proses ini dimulai dengan tahap wawancara, dan observasi kelapangan, kemudian dilanjutkan dengan analisa siklus pembelian (logistik), kemudian pembuatan software siklus pembelian (logistik). Proses perancangan software akuntansi ini disusun dengan berdasarkan pada pengendalian internal, yaitu pengendalian umum dan pengendalian aplikasi. Berdasarkan hasil evaluasi, siklus pembelian (logistik) Guest House Universitas Brawijaya masih memiliki beberapa kelemahan pada pengendalian internal. Kelemahan tersebut dapat diperbaiki dengan adanya prosedur, kebijakan manajemen, kebijakan akuntansi, dan penggunaan software akuntansi siklus pembelian (logistik) yang berbasis DBMS dan pengendalian internal. Sehingga dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan serta membawa perbaikan untuk operasional bisnis Guest House Universitas Brawijaya.