Audit Operasional Dalam Penilaian Efektivitas Dan Efisiensi Atas Fungsi Pemasaran Pada Bagian Bisnis Mikro Bank Rakyat Indonesia Cabang Amlapura-Bali

Main Author: KetutErikPriatamaWijayaPutra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104731/1/051001017.pdf
http://repository.ub.ac.id/104731/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan studi kasus penerapan audit operasional pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Amlapura – Bali yang bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran Bagian Bisnis Mikro pada bank selama tahun 2006-2008. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yakni suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, dengan analisis yang menggunakan elemenelemen audit operasional berupa criteria, causes, effect serta rekomendasi dan penilaian efektivitas dan efisiensi melalui evaluasi atas realisasi target, profitabilitas, dan biaya pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalan penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa fungsi pemasaran Bagian Bisnis Mikro merupakan bagian dari struktur organisasional di setiap cabang Bank Rakyat Indonesia yang terpisah dengan fungsi pemasaran Bagian Bisnis Ritel karena memiliki pasar sasaran yang berbeda dan operasionalnya dijalankan oleh Kantor BRI Unit. Secara umum pelaksanaan operasional fungsi pemasaran pada Bagian Bisnis Mikro Bank Rakyat Indonesia Cabang Amlapura – Bali telah berjalan dengan efektif dan efisien dengan beberapa pengecualian, karena secara keseluruhan telah mampu memenuhi dan merealisasikan target – target kinerja yang mesti dicapai dalam periode dengan memenuhi standar efektivitas dan efisiensi yang ditentukan oleh perusahaan namun masih ada beberapa unit kerja yang tidak mampu memenuhi standar efektivitas dan efisiensi tersebut.