Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Mega Tbk Kantor Cabang Tulungagung

Main Author: AnaRahmania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104635/1/050900683.pdf
http://repository.ub.ac.id/104635/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi realtionship marketing berdasarkan variabel-variabel bebasnya yaitu kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan keuntungan bersama terhadap loyalitas nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dimana penelitian ini adalah penelitian penjelasan untuk menggambarkan hubungan antar variabel dalam relationship marketing terhadap loyalitas nasabah. Analisa yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan model statistik dan ekonometrik. Data yang dianalisa berasal dari 95 responden yang diambil dari jumlah keseluruhan nasabah per Agustus 2008 sebesar 1899 orang. Berdasarkan hasil analisis data melalui regresi linier berganda diketahui bahwa variabel relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan keuntungan bersama secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari keempat variabel bebas, variabel kepercayaan mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah sedangkan variabel komitmen tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari hasil yang didapat diketahui bahwa kepercayaan berpengaruh sangat besar terhadap loyalitas nasabah. Maka tingkat kepercayaan nasabah terhadap kemampuan bank harus selalu diperhatikan dan dijaga ketepatannya meliputi pemenuhan keinginan dan harapan nasabah, penepatan janji, jaminan kerahasiaan transaksi nasabah, citra bank yang positif, dan resiko transaksi yang relatif kecil.