Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Peminjam (Studi pada ”Bank Jatim Cabang Kota Batu”)

Main Author: HerdianaOctavia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104631/1/050900680.pdf
http://repository.ub.ac.id/104631/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing terhadap kepuasan nasabah peminjam. Data yang dianalisa berasal dari 100 responden di Bank Jatim Cabang Kota Batu. Alat analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan variabel keuntungan Bersama (X 1 ), komitmen (X 2 ), komunikasi (X 3 ), serta kebenaran (X 4 ) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah peminjam (Y) , dengan nilai F sebesar 84,645. Secara parsial variabel keuntungan bersama signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam sebesar 2,283. Variabel komitmen signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam sebesar 2,036. Variabel komunikasi signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam, sebesar 3,901. Variabel kebenaran signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam sebesar 2,936 .Nilai adjusted R square sebesar 0,772. Keuntungan bersama, Komitmen, Komunikasi, dan kebenaran mempunyai hubungan positif atau searah dengan kepuasan nasabah peminjam. Variabel komunikasi dominan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam strategi pemasaran, sebaiknya perusahaan memperhatikan pelaksanaan Relationship Marketing untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan nasabah peminjam, terutama variabel komunikasi karena variabel ini dominan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam.