Analisa Kesenjangan dan Efektivitas Penerimaan Pajak Restoran Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang

Main Author: FitriyaUlandari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104549/1/051000037.pdf
http://repository.ub.ac.id/104549/
ctrlnum 104549
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/104549/</relation><title>Analisa Kesenjangan dan Efektivitas Penerimaan Pajak Restoran Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang.</title><creator>FitriyaUlandari</creator><subject>330 Economics</subject><description>Penelitian ini dilakukan dengan dasar bahwa untuk mengurangi ketergantungan terhadap dana alokasi dari pusat serta melaksanakan program otonomi daerah dengan lebih maksimal maka pemerintah daerah diharapkan mampu meningkatkan penerimaan daerahnya terutama pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam hal ini Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang dihasilkan dari masing-masing daerah yang dapat digunakan untuk pembiayaan pembangunan daerah. &#xD; Salah satu cara untuk meningkatkan PAD dari sektor pajak daerah yaitu dengan mengoptimalkan penerimaan pajak restoran. Sektor pajak ini perlu dioptimalkan karena kesenjangan antara target dan realisasi yang relatif kecil serta kontribusi yang diberikan masih cukup kecil setiap tahunnya, tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya karena Kota Malang ini merupakan kota Pendidikan dan Pariwisata yang seharusnya sektor pajak tersebut dapat memberikan penerimaan utama bagi pendapatan daerah Kota Malang. Oleh karena itu perlu dilihat apakah sudah efektif dalam pemungutan pajak restoran dalam hal ini Dispenda Kota Malang. &#xD; Dari hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa kontribusi yang diberikan dari sektor pajak restoran kepada Pendapatan Asli Daerah masih sangat kecil. Sedangkan efektivitas penerimaan pajak restoran Kota Malang dari tahun 2006 sampai dengan 2008 selalu mengalami penurunan. Hal ini memperlihatkan bahwa penerimaan pajak restoran tidak efektif bila dilihat dari potensinya. Hambatan yang ditemui dalam meningkatkan efektivitas pemungutan pajak restoran yaitu adanya bencana alam Lumpur Lapindo yang menyebabkan menurunnya kunjungan wisatawan ke Kota Malang, pengusaha restoran enggan menaikkan harga jual untuk menutupi utang pajaknya dikarenakan takut kalah bersaing dengan pengusaha lainnya, kurangnya kesadaran wajib pajak dalam membayar pajaknya dan kurangnya penerapan sanksi administrasi atau sanksi pidana bagi wajib pajak yang tidak memenuhi kewajiban perpajakannya, khususnya Wajib Pajak Restoran.</description><date>2009-11-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/104549/1/051000037.pdf</identifier><identifier> FitriyaUlandari (2009) Analisa Kesenjangan dan Efektivitas Penerimaan Pajak Restoran Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2009/648/051000037</relation><recordID>104549</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FitriyaUlandari
title Analisa Kesenjangan dan Efektivitas Penerimaan Pajak Restoran Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang
publishDate 2009
topic 330 Economics
url http://repository.ub.ac.id/104549/1/051000037.pdf
http://repository.ub.ac.id/104549/
contents Penelitian ini dilakukan dengan dasar bahwa untuk mengurangi ketergantungan terhadap dana alokasi dari pusat serta melaksanakan program otonomi daerah dengan lebih maksimal maka pemerintah daerah diharapkan mampu meningkatkan penerimaan daerahnya terutama pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam hal ini Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang dihasilkan dari masing-masing daerah yang dapat digunakan untuk pembiayaan pembangunan daerah. Salah satu cara untuk meningkatkan PAD dari sektor pajak daerah yaitu dengan mengoptimalkan penerimaan pajak restoran. Sektor pajak ini perlu dioptimalkan karena kesenjangan antara target dan realisasi yang relatif kecil serta kontribusi yang diberikan masih cukup kecil setiap tahunnya, tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya karena Kota Malang ini merupakan kota Pendidikan dan Pariwisata yang seharusnya sektor pajak tersebut dapat memberikan penerimaan utama bagi pendapatan daerah Kota Malang. Oleh karena itu perlu dilihat apakah sudah efektif dalam pemungutan pajak restoran dalam hal ini Dispenda Kota Malang. Dari hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa kontribusi yang diberikan dari sektor pajak restoran kepada Pendapatan Asli Daerah masih sangat kecil. Sedangkan efektivitas penerimaan pajak restoran Kota Malang dari tahun 2006 sampai dengan 2008 selalu mengalami penurunan. Hal ini memperlihatkan bahwa penerimaan pajak restoran tidak efektif bila dilihat dari potensinya. Hambatan yang ditemui dalam meningkatkan efektivitas pemungutan pajak restoran yaitu adanya bencana alam Lumpur Lapindo yang menyebabkan menurunnya kunjungan wisatawan ke Kota Malang, pengusaha restoran enggan menaikkan harga jual untuk menutupi utang pajaknya dikarenakan takut kalah bersaing dengan pengusaha lainnya, kurangnya kesadaran wajib pajak dalam membayar pajaknya dan kurangnya penerapan sanksi administrasi atau sanksi pidana bagi wajib pajak yang tidak memenuhi kewajiban perpajakannya, khususnya Wajib Pajak Restoran.
id IOS4666.104549
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T09:16:41Z
last_indexed 2021-10-28T06:54:37Z
recordtype dc
_version_ 1751455892339949568
score 17.538404