Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)”

Main Author: DianPertiwiSetyawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104507/1/050900528.pdf
http://repository.ub.ac.id/104507/
Daftar Isi:
  • Saat pertama kali diperkenalkan, balanced scorecard digunakan oleh organisasi bisnis untuk pengukuran kinerja. Dewasa ini, balanced scorecard tidak saja digunakan oleh organisasi bisnis tetapi juga organisasi publik. Organisasi publik adalah organisasi yang menyediakan jasa kepada masyarakat dengan tujuan bukan untuk mencari profit. Untuk dapat digunakan oleh organisasi publik, balanced scorecard tersebut harus dimodifikasi. Tulisan ini membahas bagaimana membangun balanced scorecard, meliputi menentukan tujuan strategis, ukuran yang digunakan, dan mengimplementasikan balanced scorecard pada organisasi publik. Pengukuran kinerja yang dilakukan terhadap organisasi sektor publik, yaitu Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara, bertujuan untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan organisasi publik dalam menyelenggarakan kegiatannya kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, melalui studi pustaka dan studi lapangan yang antara lain berupa wawancara dan observasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa pengukuran kinerja dengan balanced scorecard berusaha menyeimbangkan antara sasaran dari segi keuangan dan nonkeuangan. Dengan memahami berbagai keunggulan balanced scorecard tersebut, maka pihak pengambil keputusan dalam organisasi sektor publik dapat memanfaatkan kerangka balanced scorecard untuk meningkatkan kinerja agar dapat tumbuh dan berkembang. Balanced scorecard disusun untuk memberikan petunjuk kepada organisasi dan juga menyediakan umpan balik mengenai efektivitas strategi yang telah ditetapkan organisasi.