Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Simpeda Pada Bank Jatim Cabang Malang Kantor Kas Universitas Brawijaya Malang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan aset merek lain) terhadap loyalitas nasabah Tabungan impeda baik secara simultan maupun parsial, serta untuk mengetahui variabel ekuitas merek yang dominan mempengaruhi loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan pada nasabah Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur yang bertransaksi di Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang Kantor Kas Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan Tabungan Simpeda dengan jumlah sampel sebesar 60 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Dari hasil analisis regresi berganda dapat didapat nilai F hitung sebesar 810,706 dan dapat disimpulkan bahwa Ekuitas Merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan aset merek lain) memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan dan variabel kesadaran merek, variabel loyalitas merek, dan variabel aset merek lain secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Tabungan Simpeda. Di antara variabel Ekuitas Merek yang diteliti, variabel kesadaran merek merupakan variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas nasabah Tabungan Simpeda.