Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Melakukan Keputusan Pembelian Rumah di CitraLand Surabaya studi pada Kluster – Kluster dengan Konsep Singapura
Main Author: | AdityaDestaKrisnata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104468/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Untuk menganalisis faktor – faktor yang signifikan mempengaruhi konsumen baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian rumah di CitraLand Surabaya. (2) Untuk menganalisis factor yang dominanberpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah di CitraLandSurabaya. Dalam penelitian ini digunakan dua jenis variabel yaitu variabel Independent (bebas), variabel Dependent (terikat), dimana variabel terikat adalah keputusan pembelian rumah, dan variabel bebasnya adalah faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, yang terdiri dari variabel budaya, kelas sosial, kelompok referensi/acuan, keluarga, usia dan tahap siklus hidup, tingkat penghasilan, gaya hidup, motivasi, persepsi, pembelajaran, produk, harga, promosi, tempat, bukti fisik, proses. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling sedangkan penentuan banyaknya sampel dalam populasi ditentukan dengan menggunakan pendekatan Slovin. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah uji validitas dan uji reliabilitas, analisa regresi linier berganda, uji F, uji t, uji dominan dan uji asumsi klasik. Melalui uji F, diketahui bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari variabel budaya, kelas sosial, kelompok referensi / acuan, keluarga, usia dan tahap siklus hidup, tingkat penghasilan, gaya hidup, motivasi, persepsi, pembelajaran, produk, harga, promosi, tempat, bukti fisik, proses terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah di CitraLand. Dari hasil uji t, diperoleh bahwa dari enambelas variabel bebas (dependen) yang diteliti antara lain variabel budaya, kelas sosial, kelompok referensi / acuan, keluarga, usia dan tahap siklus hidup, tingkat penghasilan, gaya hidup, motivasi, persepsi, pembelajaran, produk, harga, promosi, tempat, bukti fisik, proses, terdapat empat variabel yang secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian rumah yaitu variabel budaya, variabel motivasi, variabel produk, dan variabel tempat .Dari analisa yang telah dilakukan diketahui bahwa variabel produk memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan CitraLand Surabaya.