Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen dalam Memilih Lapangan Futsal Speed Malang
Main Author: | SyaifulRohman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104447/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran pemasaran dan faktor yang dominan terhadap keputusan konsumen yang mengambil studi pada konsumen Lapangan Futsal Speed Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana sampel dipilih oleh peneliti berdasarkan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh sampel ersebut yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Untuk mengetahui sejauh mana instrumen penelitian ini dapat dipercaya, maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, dengan menggunakan teknik analisis data yaitu regresi berganda dan uji asumsi. Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yang terdiri dari variabel bebas (variabel X) dan variabel terikat (variabel Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel Bauran Pemasaran yang terdiri dari Produk, Lokasi, Harga,Promosi, Penyedia Jasa, Proses dan Bukti Fisik. Sedangkan variabel terikat yang terdapat pada penelitian ini yaitu keputusan memilih Lapangan Futsal Speed Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuju variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, penyedia jasa, proses, bukti fisik secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih lapangan futsal Speed, dimana ketuju variabel Bauran Pemasaran produk, harga, lokasi, promosi, penyedia jasa, proses, bukti fisik mempunyai Fhitung 30,738 > Ftabel 2,192 dengan signifikansi F sebesar 0,000. Secara individu, faktor yang berpengaruh secara nyata terhadap keputusan konsumen adalah variabel Produk yang mempunyai koefisien regresi tertinggi yaitu sebesar 0,282. Sedangkan koefisien regresi variabel Lokasi sebesar 0,186, Harga mempunyai koefisien regresi sebesar 0,143, promosi mempunyai koefisien regresi sebesar 0,131, penyedia jasa mempunyai koefisien regresi sebesar 0,183.Proses mempunyai koefisien regresi sebesar 0,198 dan bukti fisik mempunyai kofisien regresi sebesar0,180 Dengan demikian variabel produk mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Lapangan Futsal Speed Malang.