Pengaruh asimetri informasi dan agency cost terhadap manajemen laba studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Main Author: | AyuPutriPAR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104402/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh antara asimetri informasi dan agency cost terhadap manajemen laba. Penelitian ini merupakan perluasan dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Rahmawati, dkk (2006). Manajemen laba adalah fenomena yang timbul dari pelaporan keuangan, sebagai akibat diijinkannya manajemen untuk memilih berbagai metode akuntansi sehingga ada kecenderungan melakukan manipulasi laba untuk keuntungan diri dan perusahaan. Untuk mengidentifikasi manajemen laba penelitian ini menggunakan proksi discretionery accrual dengan menggunakan Modified Jones Model. Proksi yang digunakan untuk menilai asimetri informasi adalah bid-ask spread, sedangkan proksi yang digunakan untuk menilai agency cost adalah asset turnover dan selling and general administrative. Sampel yang digunakan sebanyak 69 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2005-2007. Hasil pengujian parsial menunjukkan bahwa asimetri informasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan asset turnover dan selling and general administrative berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa asimetri informasi dan agency cost secara serempak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.