“Skala Confuse: Delayed Alternate Form Approach Pada Siswa SMP (Desain A-A′)”

Main Author: Wulansari, Febriana Catur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1044/1/Febriana%20Catur%20Wulansari.pdf
http://repository.ub.ac.id/1044/
Daftar Isi:
  • Penelitian in bertujuan untuk mengetahui reliabilitas dari alat ukur Consideration Of Future Consequences (Confuse) dengan pendekatan delayed alternate form. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Malang kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah 275 siswa. Skala Confuse diadministrasikan dua kali dengan menggunakan interval waktu dua minggu. Skala Confuse form A diadministrasikan pertama, selanjutnya selisih waktu dua minggu skala Confuse form A′ diadministrasikan. Analisis data menggunakan teknik coeffisien stability and equivalent menghasilkan skor korelasi antar form sebesar (r = .79), korelasi antar dimensi yaitu sebesar (r =.77) untuk dimensi future, (r = .68) untuk dimensi immediate. Korelasi antar butir skala Confuse menunjukkan bahwa 3 butir tergolong sangat lemah (.10 - .11), 9 butir tergolong lemah (.24 - .39), dan 8 butir tergolong sedang (.40 - .53). Selanjutnya teknik analisis dengan menggunakan correlated butir total correlation (