Pengaruh Brand Community Sebagai Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Anggota Komunitas Motor ‘Mio Fans Club Malang’ (MFCM)

Main Author: SatriaBagusPriambada
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104388/1/050900518.pdf
http://repository.ub.ac.id/104388/
Daftar Isi:
  • Komunitas merek adalah komunitas penggemar merek yang istimewa, tidak terbatasi atau terikat, dan berdasarkan pada suatu hubungan yang dibentuk di antara para penggemar merek dan komunitas merek dapat menjadi salah satu sumber informasi yang penting bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh komunitas merek sebagai kelompok acuan terhadap keputusan pembelian anggota komunitas dengan mengacu pada konsep yang dikemukakan Bearden et.al. (1989) tentang Consumer Susceptibility on Interpersonal Influence , yang mengungkapkan adanya dua pengaruh kelompok acuan yaitu pengaruh normatif dan informasional. Data penelitian diambil dari komunitas motor ‘Mio Fans Club Malang’ (MFCM) dengan metode survei-kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research , yang digunakan untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 120 anggota terdaftar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 65 sampel. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa variabel pengaruh normatif dan informasional secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian anggota komunitas. Dapat diketahui juga bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian anggota komunitas adalah variabel pengaruh normatif.