Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Toshiba Satellite
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengambil judul tentang Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Toshiba Satellite (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk yang terdiri dari variabel yaitu kualitas, merek, desain dan garansi terhadap keputusan pembelian Laptop Toshiba Satellite (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya) secara simultan dan parsial dan juga untuk mengetahui dari keempat variabel atribut produk yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory. Penelitian ini mengambil lokasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Pengambilan sampel yaitu secara nonprobability sampling yaitu berdasarkan karakteristik atau dengan cara pertimbangan tertentu dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dari jawaban responden dianalisis menggunakan analisis berganda, uji-t, uji-F dan interpretasi koefisien R 2 . Hasil analisa menunjukkan bahwa atribut produk memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian Laptop Toshiba Satellite. Kemudian dapat diketahui bahwa variabel merek dari atribut produk memiliki pengaruh dominan dibandingkan variabel bebas yang lain. Selain itu, secara keseluruhan variabel bebas yaitu kualitas, merek, desain dan garansi memiliki kontribusi terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 70,9%. Sisanya dijabarkan oleh variabel lain di luar dari empat variabel bebas yang telah diteliti. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan dalam strategi pemasaran, dan sebaiknya perusahaan menjaga segala atribut produk agar selalu mempunyai kualitas, merek, desain dan garansi yang baik, sehingga mempengaruhi keputusan pembelian Laptop Toshiba Satellite.