Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Bengkel Perbaikan Dan Perawatan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada PT. Mayangsari Berlian Motor Banyuwangi)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan kualitas dari suatu produk atau jasa yang semakin mendapat perhatian. Masyarakat tidak sekedar membutuhkan jasa dari suatu perusahaan, melainkan juga menginginkan mutu pelayanan yang baik. PT. Mayangsari Berlian Motor merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan, perawatan dan penyediaan suku cadang kendaraan merek Mitsubishi. Melihat peluang yang sangat menjanjikan dalam pelayanan jasa perbaikan dan perawatan, maka Mayangsari Berlian Motor tidak hanya melayani kendaraan bermerk Mitsubishi saja, melainkan berbagai merek dan jenis kendaraan. Dalam operasionalnya, Bengkel PT. Mayangsari Berlian Motor selalu berupaya memberikan pelayanan yang maksimal dan berkualitas untuk menciptakan dan mempertahankan kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang meliputi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel kualitas pelayanan yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan bengkel perbaikan dan perawatan PT. Mayangsari Berlian Motor Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan kepada pelanggan yang telah menggunakan jasa bengkel minimal 3 kali, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya mengunakan wawancara dan kuesioner.Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Untuk menganalisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik yang berupa uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas.Uji hipotesis menggunakan Uji F- test dan t- test . Hasil uji F- test terhadap kelima variabel penelitian yang meliputi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati menunjukkan bahwa kelima variabel tersebut secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Mayangsari Berlian Motor Banyuwangi. Hasil uji t- test menunjukkan bahwa kelima variabel tersebut secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Mayangsari Berlian Motor Banyuwangi. Hasil uji t- test menunjukkan bahwa variabel kehandalan adalah variabel yang dominan terhadap kepuasan pelanggan bengkel PT. Mayangsari Berlian Motor Banyuwangi.