Teachers’ Strategies in Teaching Reading Comprehension at SMK Negeri 2 Batu
Main Author: | Adi, Waskito |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1043/ |
ctrlnum |
1043 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1043/</relation><title>Teachers’ Strategies in Teaching Reading Comprehension at
SMK Negeri 2 Batu</title><creator>Adi, Waskito</creator><subject>371.302 81 Techniques of study</subject><description>Membaca adalah salah satu kemampuan yg harus dimiliki oleh siswa untuk
belajar bahasa Inggris. Pressley dan Afflerbach (1995) dikutip dari Erlando (2017)
mengatakan bahwa pembaca yang baik harus melakukan pekerjaan lebih untuk
memahami isi bacaan. Selebihnya siswa akan lebih mudah memahami materi jika
mereka bisa memahami isi bacaan dengan baik. Dalam penelitian ini penulis
memakai teori dari Vacca (1999) untuk menganalisis strategi guru dalam mengajar
membaca di SMK Negeri 2 Batu.
Penulis menggunakan metode studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan implementasi strategi guru yang digunakan untuk mengajar membaca di
SMK Negeri 2 Batu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan wawancara kepada
guru dan observasi kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 10AHP A di
SMK Negeri 2 Batu, kelas ini terdiri dari 28 siswa.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa guru disana menggunakan tiga
strategi pengajaran, yaitu scaffolding, think-aloud, dan QARs (question and answer
relationship). Yang pertama guru menggunakan strategi scaffolding ketika siswa
mengalami kesulitan dalam memahami materi. Selanjutnya, guru menggunakan
QARs untuk membangun pengetahuan siswa dan untuk mengetahui pemahaman
siswa pada materi. Dan yang terakhir guru menggunakan strategi think-aloud strategi
ini pada saat siswa memiliki pendapat sendiri, siswa dapat mengatakan apapun yang
ada di pikiran mereka tentang materi tersebut. Dan peneliti juga memberi saran
kepada guru untuk menggunakan strategi lain agar siswa tidak mudah bosan.</description><date>2017-06-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Adi, Waskito (2017) Teachers’ Strategies in Teaching Reading Comprehension at SMK Negeri 2 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/456/051706183</relation><recordID>1043</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Adi, Waskito |
title |
Teachers’ Strategies in Teaching Reading Comprehension at
SMK Negeri 2 Batu |
publishDate |
2017 |
topic |
371.302 81 Techniques of study |
url |
http://repository.ub.ac.id/1043/ |
contents |
Membaca adalah salah satu kemampuan yg harus dimiliki oleh siswa untuk
belajar bahasa Inggris. Pressley dan Afflerbach (1995) dikutip dari Erlando (2017)
mengatakan bahwa pembaca yang baik harus melakukan pekerjaan lebih untuk
memahami isi bacaan. Selebihnya siswa akan lebih mudah memahami materi jika
mereka bisa memahami isi bacaan dengan baik. Dalam penelitian ini penulis
memakai teori dari Vacca (1999) untuk menganalisis strategi guru dalam mengajar
membaca di SMK Negeri 2 Batu.
Penulis menggunakan metode studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan implementasi strategi guru yang digunakan untuk mengajar membaca di
SMK Negeri 2 Batu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan wawancara kepada
guru dan observasi kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 10AHP A di
SMK Negeri 2 Batu, kelas ini terdiri dari 28 siswa.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa guru disana menggunakan tiga
strategi pengajaran, yaitu scaffolding, think-aloud, dan QARs (question and answer
relationship). Yang pertama guru menggunakan strategi scaffolding ketika siswa
mengalami kesulitan dalam memahami materi. Selanjutnya, guru menggunakan
QARs untuk membangun pengetahuan siswa dan untuk mengetahui pemahaman
siswa pada materi. Dan yang terakhir guru menggunakan strategi think-aloud strategi
ini pada saat siswa memiliki pendapat sendiri, siswa dapat mengatakan apapun yang
ada di pikiran mereka tentang materi tersebut. Dan peneliti juga memberi saran
kepada guru untuk menggunakan strategi lain agar siswa tidak mudah bosan. |
id |
IOS4666.1043 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2018-01-19T18:30:19Z |
last_indexed |
2021-10-18T02:07:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1730142659576594432 |
score |
17.538404 |