Teachers’ Strategies in Teaching Reading Comprehension at SMK Negeri 2 Batu

Main Author: Adi, Waskito
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1043/
ctrlnum 1043
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1043/</relation><title>Teachers&#x2019; Strategies in Teaching Reading Comprehension at&#xD; SMK Negeri 2 Batu</title><creator>Adi, Waskito</creator><subject>371.302 81 Techniques of study</subject><description>Membaca adalah salah satu kemampuan yg harus dimiliki oleh siswa untuk&#xD; belajar bahasa Inggris. Pressley dan Afflerbach (1995) dikutip dari Erlando (2017)&#xD; mengatakan bahwa pembaca yang baik harus melakukan pekerjaan lebih untuk&#xD; memahami isi bacaan. Selebihnya siswa akan lebih mudah memahami materi jika&#xD; mereka bisa memahami isi bacaan dengan baik. Dalam penelitian ini penulis&#xD; memakai teori dari Vacca (1999) untuk menganalisis strategi guru dalam mengajar&#xD; membaca di SMK Negeri 2 Batu.&#xD; Penulis menggunakan metode studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk&#xD; menjelaskan implementasi strategi guru yang digunakan untuk mengajar membaca di&#xD; SMK Negeri 2 Batu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan wawancara kepada&#xD; guru dan observasi kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 10AHP A di&#xD; SMK Negeri 2 Batu, kelas ini terdiri dari 28 siswa.&#xD; Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa guru disana menggunakan tiga&#xD; strategi pengajaran, yaitu scaffolding, think-aloud, dan QARs (question and answer&#xD; relationship). Yang pertama guru menggunakan strategi scaffolding ketika siswa&#xD; mengalami kesulitan dalam memahami materi. Selanjutnya, guru menggunakan&#xD; QARs untuk membangun pengetahuan siswa dan untuk mengetahui pemahaman&#xD; siswa pada materi. Dan yang terakhir guru menggunakan strategi think-aloud strategi&#xD; ini pada saat siswa memiliki pendapat sendiri, siswa dapat mengatakan apapun yang&#xD; ada di pikiran mereka tentang materi tersebut. Dan peneliti juga memberi saran&#xD; kepada guru untuk menggunakan strategi lain agar siswa tidak mudah bosan.</description><date>2017-06-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Adi, Waskito (2017) Teachers&#x2019; Strategies in Teaching Reading Comprehension at SMK Negeri 2 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/456/051706183</relation><recordID>1043</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Adi, Waskito
title Teachers’ Strategies in Teaching Reading Comprehension at SMK Negeri 2 Batu
publishDate 2017
topic 371.302 81 Techniques of study
url http://repository.ub.ac.id/1043/
contents Membaca adalah salah satu kemampuan yg harus dimiliki oleh siswa untuk belajar bahasa Inggris. Pressley dan Afflerbach (1995) dikutip dari Erlando (2017) mengatakan bahwa pembaca yang baik harus melakukan pekerjaan lebih untuk memahami isi bacaan. Selebihnya siswa akan lebih mudah memahami materi jika mereka bisa memahami isi bacaan dengan baik. Dalam penelitian ini penulis memakai teori dari Vacca (1999) untuk menganalisis strategi guru dalam mengajar membaca di SMK Negeri 2 Batu. Penulis menggunakan metode studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi strategi guru yang digunakan untuk mengajar membaca di SMK Negeri 2 Batu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan wawancara kepada guru dan observasi kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 10AHP A di SMK Negeri 2 Batu, kelas ini terdiri dari 28 siswa. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa guru disana menggunakan tiga strategi pengajaran, yaitu scaffolding, think-aloud, dan QARs (question and answer relationship). Yang pertama guru menggunakan strategi scaffolding ketika siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Selanjutnya, guru menggunakan QARs untuk membangun pengetahuan siswa dan untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi. Dan yang terakhir guru menggunakan strategi think-aloud strategi ini pada saat siswa memiliki pendapat sendiri, siswa dapat mengatakan apapun yang ada di pikiran mereka tentang materi tersebut. Dan peneliti juga memberi saran kepada guru untuk menggunakan strategi lain agar siswa tidak mudah bosan.
id IOS4666.1043
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:30:19Z
last_indexed 2021-10-18T02:07:05Z
recordtype dc
_version_ 1730142659576594432
score 17.538404