Penerapan Knowledge Management Di Perusahaan Asuransi (Studi Kasus Pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang

Main Author: FannyGunawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104262/1/050902483.pdf
http://repository.ub.ac.id/104262/
Daftar Isi:
  • PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyaluran dana pension dan tabungan hari tua. Konsumen PT. TASPEN (Persero) merupakan pegawai negeri yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam memberikan layanan yang terbaik pada konsumen, PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang dituntut untuk meningkatkan kompetensinya. Penerapan knowledge management di PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen. Penerapan knowledge management ini dilihat dari empat aspek yaitu aspek pemilihan knowledge yang dibutuhkan oleh perusahaan, pembentukan knowledge , knowledge stock dan knowledge flow, serta knowledge transfer . Selain dilihat dari empat aspek, knowledge management yang telah dijalankan oleh perusahaan dapat dinilai dari Knowledge Management Pyramid . Saat ini PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang berada di LEVEL 2 pada Knowledge Management Pyramid, hal ini menunjukan bahwa knowledge management yang dijalankan oleh perusahaan cukup baik. Hubungan antara strategi dengan knowledge managemenet yang dijalankan perusahaan juga dibahas, begitu pula hambatan dalam pelaksanaannya. Manfaat knowledge management bagi perusahaan banyak dirasakan dalam kegiatan pelaksanaan kerja sehari-hari.