Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini yaitu explanatory research dengan prosedur pengujian hipotesis (hypotesis testing) untuk menjawab pertanyaan dan tujuan penelitian Tujuan penelitian yaitu pertama, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel kualitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), reliability (kehandalan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi), durability (daya tahan), serviceability , estetika dan perceived quality (kualitas yang dipersepsikan) secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisis variabel kualitas produk yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen.Manfaat penelitian ini khususnya bagi perusahaan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak manajemen perusahaan dalam usaha untuk memberikan jaminan kepuasan konsumen melalui peningkatan atas kualitas produk. Berdasarkan hasil uji F dapat dikatakan bahwa secara simultan variabel kualitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), reliability (kehandalan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi), durability (daya tahan), serviceability , estetika dan perceived quality (kualitas yang dipersepsikan) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Perusahaan Rokok kretek Adi Bungsu Malang. Berdasarkan hasil uji t maka dapat diketahui bahwa secara parsial variabel kulitas produk yang meliputi performance (kinerja), features (ciri-ciri tambahan), reliability (kehandalan), conformance (kesesuaian dengan spesifikasi), durability (daya tahan), serviceability , estetika dan perceived quality (kualitas yang dipersepsikan) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Perusahaan Rokok kretek Adi Bungsu Malang. Sedangkan dalam hal besarnya pengaruh masing-masing variabel secara keseluruhan dapat dilihat dari koefisien regresi masing-masing, yaitu performance (kinerja) yaitu sebesar 0,112, features (ciri-ciri tambahan) sebesar 0,197, reliability (kehandalan) sebesar 0,126, conformance (kesesuaian dengan spesifikasi) sebesar 0,151, durability (daya tahan) sebesar 0,144, serviceability sebesar 0,100, estetika sebesar 0,119 dan perceived quality (kualitas yang dipersepsikan) sebesar 0,145. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel features mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen pada Perusahaan Rokok kretek Adi Bungsu Malang. Beberapa saran yaitu sebagai berikut: diharapkan perusahaan dalam memproduksi produk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Perusahaan diharapkan lebih memperhatikan mengenai kemasan produk sehingga selain dapat menjamin atau melindungi atas kualitas produk pada sisi lain konsumen dapat lebih tertarik untuk membeli/ mengkonsumsi produk yang ditawarkan perusahaan. Dengan demikian perusahaan diharapkan untuk menggunakan bahan baku kemasan yang berkualitas dan menggunakan perpaduan warna yang lebih menarik. Guna mendukung aktivitas penjualan produk, diharapkan perusahaan untuk melakukan kegiatan promosi secara kontinu dengan menggunakan media-media promosi yang tepat.