Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari lima variabel , yaitu bukti fisik ( tangible ), keandalan ( reliability ), daya tanggap ( responsiveness ), jaminan ( assurance ), dan empati ( empathy ) terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (kualitas pelayanan) terhadap variabel bebas (kepuasan konsumen) digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanatory ,yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antara variabel – variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Sampel yang diambil sebesar 110 responden sedangkan pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan sampling accidental, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Dari hasil regresi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas(kualitas pelayanan) yaitu variabel bukti fisik(X1), variabel keandalan (X2), variabel daya tanggap (X3), variabel jaminan (X4), dan variabel empati (X5) secara bersama- sama atau simultan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan konsumen (Y), hal ini dapat dibuktikan dengan nilai fhitung menunjukkan angka 60.347(Signifikasi F=0,000).Jadi F hitung >F tabel (60.347>2.298) atau sig F<5 % (0,000<0,05). Artinya bahwa secara bersama- sama variabel Bukti Langsung (X1), Keandalan (X2), daya Tanggap (X3), Jaminan (X4) dan empati (X5) berpengaruh secara signifikan terhadap variable kepuasan konsumen (Y) , dan juga dapat diketahui variabel jaminan (X4)mempunyai koefisien regresi paling besar (0.433) .Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo sebaiknya lebih memperhatikan kualitas pelayanan karena kualitas dimulai dari kepuasan konsumen agar kedepannya dapat bersaing dan berkembang di dunia rumah makan.