Pengaruh Minat dan Perilaku Belajar Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar (Studi kasus pada mahasiswa S1 berstatus aktif semester enam (angkatan 2006) Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: AmaliyaKristina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104136/1/050901741.pdf
http://repository.ub.ac.id/104136/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat belajar akuntansi mempengaruhi prestasi belajar yang dicapai. Metode survei digunakan terhadap 120 responden mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Brawijaya Malang dengan sampling aksidental. Regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh minat dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar yang dicapai secara simultan dan parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan perilaku belajar secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Sedangkan secara parsial, hanya variabel minat belajar yang signifikan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa akuntansi. Koefisien determinasi pada pengujian hipotesis menunjukkan angka sebesar 0.174. Hal ini berarti variasi naik turunnya nilai variabel dependen (prestasi belajar) secara bersama-sama ditentukan oleh variabel independennya (minat dan perilaku belajar) sebesar 17.4%, sedang 82.6% lainnya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak tercakup dalam variabel yang diteliti atau tidak teramati dalam penelitian ini. Rendahnya koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama minat dan perilaku belajar mempunyai pengaruh yang rendah dalam menentukan variasi naik turunnya variabel dependen (prestasi belajar).