Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan dan penyuluhan Pajak Bumi dan Bangunan di wilayah Kecamatan Klojen Kota Malang. Kantor Pelayanan Pajak Pratama yang bekerja sama dengan pihak Dispenda dan pihak Kecamatan/Kelurahan sebagai lembaga penyelengaraan pelayanan pajak berusaha untuk meningkatkan pelayanan pajak serta penyuluhan pajak dalam administrasi PBB dan berusaha untuk membuat persepsi yang baik tentang lembaganya di hati konsumennya yaitu masyarakat pembayar pajak atau Wajib Pajak. Persepsi ini dapat terbentuk dari kualitas pelayanan yang diberikan Kantor Pelayanan Pajak Pratama kepada Wajib Pajak. Dalam penelitian ini terdapat lima sub variabel dimensi kualitas jasa, yang meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung. Untuk mengetahui persepsi masyarakat digunakan teknik kuesioner yang disebarkan kepada 50 wajib pajak sebagai responden. Kepuasan wajib pajak dinilai dari respon wajib pajak terhadap kualitas pelayanan dan peningkatan pembayaran pajak. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa sebagian besar wajib pajak memberikan penilaian baik terhadap kualitas jasa pelayanan dan penyuluhan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Klojen Kota Malang. Dengan adanya persepsi yang baik atas kualitas pelayanan dan penyuluhan Pajak Bumi dan Bangunan diharapkan adanya peningkatkan kepatuhan dalam membayar pajak.